Thanks for like this cinema & info

Minggu, 10 Juni 2012

Tempat-tempat wisata di Bandung Kota:

Do you want to share?

Do you like this story?


Trans Studio Bandung Wahana rekreasi Trans Studio Bandung di Bandung Super Mal (BSM) adalah wahana mainan indoor terbesar di dunia. Trans Studio Resort Bandung adalah kawasan wisata terpadu di Bandung, Indonesia, tepatnya di area Bandung Supermal. Trans Studio dibangun seluas 4,2 hektare dengan investasi mencapai Rp 2 triliun.Trans Studio Bandung dibangun di area seluas 4,2 hektar sehingga membuat Trans Studio Bandung sebagai Kawasan terpadu Resort terluas dan terlengkap di Bandung. Wahana yang terdapat menawarkan petualangan dan sensasi baru yang tidak kalah menantang seperti pendahulunya yaitu Trans Studio Makasar yang dibuka tahun 2008 Silam.


Taman Ade Irma Suryani Nasution (Taman Lalu Lintas)
Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution adalah tempat yang tepat bagi anak untuk belajar kelalulintasan. Di taman yang sejuk dan nyaman ini, anak-anak akan menikmati berkendara dengan sepeda atau kendaraan mini di jalur buatan yang dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas. Dan langsung mempraktekkan pelajaran kelalulintasan dalam suasana permainan yang menyenangkan. Lingkungan taman yang luas, hijau dan dilengkapi dengan kursi-kursi taman sangat cocok sebagai pilihan rekreasi Anda sekeluarga.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi
Museum Mandala Wangsit Siliwangi adalah museum senjata yang berada di Bandung, Jawa Barat. Nama Siliwangi sendiri adalah seorang pendiri Kerajaan Pajajaran yang kekuasaanya tak terbatas, konon raja yang arif dan bijaksana serta wibawa dalam menjalankan roda pemerintahaan, sedangkan arti Mandala Wangsit adalah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus melalu benda-benda yang ditinggalkannya. Nama jalan tempat museum ini, Jl. Lembong, diambil dari nama Letkol Lembong, salah satu prajurit Siliwangi yang menjadi korban dalam Peristiwa Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil. Sebelumnya jalan itu bernama Oude Hospitaalweg.

Museum Konferensi Asia Afrika
Gedung yang terletak di jalan Asia Afrika ini didirikan oleh seorang arsitek Belanda yang bernama Van Galenlast dan C.O. Wolf Shoomaker. Gedung ini menjadi sangat terkenal sejak diadakannya Konferensi Asia Afrika tahun 1955, kemudian Konferensi Mahasiswa Asia Afrika tahun 1956 dan Konferensi Islam Asia Afrika yang menyimpan naskah-naskah dan peniggalan-peniggalan Asia Afrika yang terkenal. Gedung ini dibuka untuk umum setiap harikerja dan mudah dicapai dengan menggunakan bus kota jurusan Cicaheum-Cibeureum, Museum ini menampilkan koleksi foto-foto dan barang-barang tiga dimensi yang berhubungan dengan Konferensi Asia Afrika 1955, Benda-Benda KAA, Foto KAA sebelum dan sesudah peringatan KAA, Dasa Sila Bandung, Ulas Pers, Patung tokoh-tokoh KAA, Ruang pameran tetap, Ruang aula, Audio visual dan Perpustakaan

Alun-alun dan Masjid Agung Bandung
Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat yang dulu dikenal dengan Masjid Agung Bandung, selesai dibangun kembali pada 13 Januari 2006. Pembangunan itu termasuk dengan penataan ulang Alun-alun Bandung, pembangunan dua lantai basement dan taman kota sekaligus halaman masjid yang dapat dipergunakan untuk kegiatan seni budaya serta salat Idul Fitri dan Idul Adha. Secara resmi pembangunan fisik masjid, membutuhkan waktu : 829 hari atau 2 tahun 99 hari, sejak peletakan batu pertama 25 Februari 2001 sampai peresmian Masjid Raya Bandung 4 Juni 2003 yang diresmikan oleh Gubernur Jabar saat itu: H.R. Nuriana.

Monumen Bandung Lautan Api
Merupakan monumen yang menjadi markah tanah Bandung. Monumen ini setinggi 45 meter, memiliki sisi sebanyak 9 bidang. Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha. Monumen ini berada di tengah-tengah kota yaitu terletak di kawasan Lapangan Tegallega. Monumen ini menjadi salah satu monumen terkenal di Bandung. Monumen ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 23 Maret mengenang peristiwa Bandung Lautan Api.

Museum Geologi Bandung
Museum Geologi didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Setelah mengalami renovasi, Museum Geologi dibuka kembali dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000. Sebagai salah satu monumen bersejarah, museum berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan nasional. Dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.

Gedung Sate Bandung (Kantor Gubernur Jawa Barat)
Bangunan gedung ini dirancang arsitek Ir J. Berger dari Landsgeboundienst, dinas pembangunan gedung-gedung pemerintah Negeri Belanda. Dibutuhkan tenaga hingga 2.000 orang pekerja. Di antara ribuan pekerja itu, terdapat lebih kurang 150 Cina Konghu atau Kanton, tukang kayu dan pemahat batu yang trampil di negerinya. Arsitek Belanda, Dr. Hendrik Petrus Berlage, menyebut bahwa Gedung Sate beserta rancangan kompleks Pusat Perkantoran Instansi Pemerintahan Sipil Hindia Belanda di Bandung merupakan sebuah karya besar. Sementara Coor Passchier dan Jan Wittenberg, dua arsitek Belanda yang menginventarisir bangunan kolonial di Bandung, menyebut Gedung Sate sebagai sebagai bangunan monumental yang anggun mempesona, serta memiliki gaya arsitektur yang unik, dan gigantik. Gedung Sate sendiri sebenarnya hanya bagian kecil atau sekira 5% dari “Kompleks Pusat Perkantoran Insatansi Pemerintah Sipil” Hindia Belanda yang menempati lahan Bandung Utara seluas 27.000 meter persegi. Oleh penduduk tempo dulu “Gedong Sate” dinamai “Gedong Bebe” yang kemudian lebih populer dengan “Gedung Sate” karena di puncak menara gedung tersebut terdapat “tusuk sate” dengan 6 buah ornamen berbentuk jambu air.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat
Monumen ini terletak di sebelah utara Gedung Sate Bandung. Jika kita berada di plaza monumen tersebut, secara garis lurus, kita dapat melihat dengan jelas bangunan Gedung Sate. Antara monumen dan Gedung sate, terdapat Taman Kota, Jl. Surapati, Lapangan Gasibu, dan Jl. Diponegoro. Monumen ini dekat juga dengan Kampus Universitas Padjajaran di Jalan Dipati Ukur Bandung. Di sebelah barat dari monumen ini berdiri tegak Gedung Telkom Indonesia, dan di sebelah timur berdiri Gedung Pertamina Indonesia. Banyak aktivitas yang sering dilakukan di monumen ini. Selain sebagai titik massa untuk berkumpul sebelum dan sesudah aksi dalam berbagai isu tuntutan, di monumen ini sering pula diadakan acara-acara hiburan. Seperti pasar malam, acara dangdut, dan acara-acara lain yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi di negeri ini.

Kebun Binatang Bandung
Terletak di Jl. Tamansari. Kebun Binatang Bandung ini pada awalnya dikenal dengan nama Derenten (dalam bahasa sunda, dierentuin) yang artinya kebun binatang. Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park (BZP), yang dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland. Pengesahan pendirian Kebun Binatang ini diwenangi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan pengesahannya dituangkan pada keputusan 12 April 1933 No.32. Pada saat Jepang menguasai daerah ini, tempat wisata ini kurang terkelola, hingga pada tahun 1948, dilakukan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tempat wisata ini.

Taman Ganesha Bandung
Hotel Murah di Bandung
Adalah sebuah taman kota yang terletak di Jalan Ganesha – Bandung, persis di depan Kampus Institut Teknologi Bandung. Dari segi ukuran, taman ini tidak begitu luas namun sangat asri karena berbagai tumbuhan yang ada di taman dan sekitarnya. Taman dilengkapi dengan banyak tempat duduk yang dapat digunakan untuk refreshing khususnya di siang hari. Karena lokasinya tidak jauh dari Kebun Binatang Bandung, taman ini sering digunakan oleh para pengunjung kebun binatang untuk beristirahat bersama keluarga sambil menikmati makan siang. Di sekitar taman tumbuh pepohonan yang tinggi yang dihuni oleh beraneka ragam burung. Memang, kawasan Jalan Ganesha diperuntukkan bagi konservasi beraneka ragam burung sehingga tidak satu pun burung yang ada diperbolehkan untuk diburu.

Museum Pos Indonesia Bandung
Hotel Murah di Bandung via klikHotel.com
Keberadaan Museum Pos Indonesia yang berlokasi tidak jauh dari Gedung Sate, tidak terlepas dari perjalanan sejarah Perusahaan Pos di Indonesia. Museum ini hadir sejak zaman Hindia Belanda, tepatnya pada tahun 1933 dengan nama Museum PTT (Pos Telegrap dan Telepon) dan menempati bagian sayap kanan bawah gedung kantor PTT . Bangunan museum ini dibangun pada tanggal 27 Juli 1920 dengan luas bangunan 706 m2 dan dirancang oleh arsitek Ir. J. Berger dan Leutdsgebouwdienst dengan gaya arsitektur Italia masa Renaissance sebagai sebuah tempat yang mengoleksi perangko-perangko dari berbagai negara.
  1. Taman Makam Pahlawan – Cikutra Bandung
  2. Museum Geologi – Jl Diponegoro
  3. Gedung Sate Bandung (Kantor Gubernur Jawa Barat)
  4. Lapangan Gasebu (Gabungan Sepakbola Bandung Utara)
  5. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat – Jl. Dipatiukur
  6. Kebun Binatang Bandung – Jl. Tamansari
  7. Taman Ganesha – Jl. Ganesha
  8. Taman Lansia – Jl. Cisangkuy
  9. Taman Kantor Pemerintah Kota Bandung
  10. Bandung Tempo Doeloe – Jl. Braga
  11. Pusat Perbelanjaan Jins – Jl. Cihampelas
  12. Pusat Perbelanjaan Pasar Baru – Jl. Otto
  13. Pusat Perbelanjaan Kings Plaza – Jl. Kepatihan
  14. Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut – Jl. Cibaduyut
  15. Pusat Factory Outlet Jalan Riau dan Jalan Dago
  16. Monumen Hussein Sastranegara – Jl. Pajajaran
  17. Museum Pos Indonesia – Jl. Cisanggarung
  18. Taman Kota Bandung – Jl. Merdeka
  19. Taman Ade Irma Suryani Nasution (Taman Lalu Lintas) – Jl. Sumatera
  20. Museum Mandala Wangsit Siliwangi – Jl. Lembong
  21. Museum Konferensi Asia Afrika – Jl. Asia Afrika
  22. Alun-alun dan Masjid Agung – Jl. Asia Afrika
  23. Museum Sri Baguda – Jl. Lingkar Selatan
  24. Monumen Bandung Lautan Api – Jl. M. Toha
  25. Taman Tegalega – Astana Anyar
Tempat-tempat wisata di Bandung Utara:
  1. Taman Budaya Dago – Dago
  2. Curug Dago – Dago
  3. Taman Hutan Dago Pakar dan Gua Belanda/Jepang
  4. Curug Omas – Taman Wisata Maribaya
  5. Monumen Pasir Pahlawan Otto Iskandar Dinata – Lembang
  6. Arena Pemancingan Bonita – Lembang
  7. Teropong Bintang Bosscha – Lembang
  8. Wisata Lembang – Bandung
  9. Alam Jalur Alternatif Lembang-Dago
  10. Vila Istana Bunga – Cihideung Lembang
  11. Taman Hutan Jaya Giri – Lembang
  12. Situ Lembang – Lembang
  13. Bumi Perkemahan Cikole
  14. Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu
  15. Kawah Upas – Gunung Tangkuban Parahu
  16. Kawah Domas – Gunung Tangkuban Parahu
  17. Perkebunan Teh Subang – Jawa Barat
  18. Pemandian Air Panas Ciater
  19. Taman Bunga Cihideung – Jl. Sersan Bajuri
  20. Spirit Camp & Sahabat Alam – Jl. Sersan Bajuri
  21. Taman Bunga Parongpong
  22. Kebun Strawbery Parongpong
  23. Curug Cimahi – Cisarua
Tempat-tempat wisata di Bandung Selatan:
  1. Wisata Petik Strawbery – Ciwidey
  2. Soreang Jalur Utama Bandung-Ciwidey
  3. Ciwidey dan Alam Bandung Selatan
  4. Jalan Mendaki ke Kawah Putih
  5. Kawah Putih Gunung Patuha – Ciwidey
  6. Bumi Perkemahan Ranca Upas – Ciwidey
  7. Penangkaran Rusa Ranca Upas – Ciwidey
  8. Pemandian Air Panas Walini – Ciwidey
  9. Kolam Renang Air Panas Cimanggu
  10. Perkebunan Teh Rancabali – Ciwidey
  11. Telaga/Situ Patengan Ciwidey
  12. Perkebunan Teh Gambung – Ciwidey
  13. Perkebunan Sayur – Pangalengan
  14. Situ Cipanunjang – Pangalengan
  15. Situ Cileunca – Pangalengan
  16. Kawah Kamojang – Paseh Jawa Barat
Tempat-tempat wisata di Bandung Barat:
  1. Leuwi Opat Curug Tilu – Desa Cihanjuang Rahayu Parongpong
  2. Monumen Taman R.A. Kartini – Baros Cimahi
  3. Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan – Padalarang
  4. Perbukitan Karst/Kapur Citatah – Padalarang
  5. Lembah Cimeta Citarum Purba – Padalarang
  6. Alam Persawahan Padalarang-Cianjur
  7. Situs Megalit Gunung Padang (terbesar se-Asia Tenggara)
  8. Waduk Ciburuy – Padalarang
  9. Waduk/Bendungan Saguling – Jawa Barat
  10. Pemandian Air Cipanas – Jawa Barat
  11. Gua Pawon – Jawa Barat
  12. Gua Sang Hyang Tikoro – Jawa Barat
  13. Arung Jeram Citarum
Tempat-tempat wisata di Bandung Timur:
  1. Saung Angklung Mang Udjo – Padasuka
  2. Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik
  3. Warung Bandrek “Warban” Sekejolang – Ciburial
  4. Caringin Tilu – Pegunungan Manglayang
  5. Oray Tapa – Pegunungan Manglayang
  6. Curug Cinulang/Sindulang – Cicalengka
  7. Situs Kerajaan Kendan – Nagrek
  8. Situs Legenda Ciung Wanara – Karangkamulyan
Tempat-tempat wisata sekitar Bandung:
  1. Candi Cangkuang dan Situ Cangkuang – Garut
  2. Rumah Adat Kampung Pulo – Garut
  3. Situ Bagendit – Garut
  4. Kawah Kamojang – Majalaya
  5. Wisata Alam Nagrek-Tasik-Banjar-Pangandaran
  6. Masjid Agung dan Alun-Alun Ciamis
  7. Agrowisata Lembah Putri – Pangandaran
  8. Goa Donan – Pangandaran
  9. Pantai Karang Nini – Pangandaran
  10. Pantai Timur Pangandaran
  11. Pantai Barat Pangandaran
  12. Cagar Alam Pananjung Pangandaran
  13. Pantai Ujung Genteng – Sukabumi
  14. Pantai Pelabuhan Ratu – Sukabumi
  15. Pantai Cimaja Cikakak – Sukabumi (surfing)
  16. Pantai Karang Pakpak – Sukabumi (surfing)
  17. Pantai Ombak Tujuh – Sukabumi (surfing)
  18. Pondok Halimun – Sukabumi
  19. Curug Cibereum – Sukabumi
  20. Curug Pareang – Sukabumi
  21. Situ Gunung – Sukabumi
  22. Curug Cikaso – Sukabumi
  23. Air Panas Cisolok – Cipanas
  24. Obyek Wisata Cibangban – Jawa Barat


YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements