Thanks for like this cinema & info

Kamis, 07 Juni 2012

9 Cara Saya Untuk Mendapatkan Uang dari Internet

Do you want to share?

Do you like this story?



ilustrasi uang dari internetAda banyak cara mendapatkan uang dari internet. Saking banyaknya, tak sedikit blogger pemula yang bingung memilih cara mana yang baik untuk dirinya. Memikirkan hal ini, saya mencoba menguraikan 9 cara saya untuk menghasilkan uang lewat blog-blog yang saya miliki.
Kesembilan cara ini saya bagi menjadi dua kelompok:  cara yang sedang/pernah saya lakukan dan cara yang akan saya lakukan.
Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

7 Cara Mendapatkan Uang yang Sedang/Pernah Saya Lakukan:

1. Paid review
Saya menghasilkan uang dari paid review (kadang disebut juga pay per post atau sponsored reviews) via broker atau tanpa broker. Ada banyak broker program ini, namun saya hanya mengikuti empat broker berikut:
Kelebihan bila menggunakan broker adalah ada banyak pengiklan dan Anda tidak perlu mencarinya. Namun, kelemahannya adalah penghasilan Anda akan dipotong oleh broker tersebut (30-50%).
Besarnya uang per review berbeda-beda setiap broker. SR memberlakukan sistem bid sehingga Anda bisa melakukan penawaran sesuai rangking blog Anda di broker tersebut. Kisaran penawaran yang umum adalah $5-$200. Sebagai informasi saja, saya sudah dua kali mendapatjob seharga $200.
Sementara itu, tiga broker lain menggunakan sistem non-bidding. Blogverstise dan Review umumnya memberikan job seharga $5-$10, sementara LinkWorth memberikan job seharga $5-$50.
Saya juga menghasilkan uang dari paid review tanpa broker. Biasanya pengiklan atau agen iklan menghubungi saya langsung. Saya mematok harga $25-$50 untuk sebuah paid review di blog-blog berbahasa Inggris yang saya miliki.
Tips singkat: Untuk menghasilkan banyak uang dari program paid review, menurut pengalaman saya, blog Anda sebaiknya:
  • Memiliki page rank minimal 2
  • Alexa rank di bawah 500 ribu
  • Memiliki konten dalam bahasa Inggris
  • Topiknya kesehatan, traveling, rumah, finansial, dan otomotif
2. Pay per click (PPC)
PPC adalah program yang akan membayar Anda bila ada iklan yang diklik pengunjung. Empat program PPC manca negara yang saya ikuti adalah:
Dari keempat program PPC tersebut, favorit saya adalah Google AdSense dan Infolinks.
Sementara itu, saya juga mengikuti PPC lokal di blog-blog berbahasa Indonesia, seperti:
3. Iklan mandiri
Iklan mandiri adalah menyediakan slot iklan (berupa banner) di blog sendiri tanpa perantara. Ukuran banner bervariasi, mulai dari 125×125 sampai 728×90. Biaya beragam karena bergantung kepada jumlah pengunjung. Saat saya mengelola Blogotainmen (blog hiburan yang sudah saya hapus), saya mematok harga Rp 100 ribu rupiah per bulan untuk setiap bannerukuran 125×125.
Jika Anda ingin memaksimalkan cara ini, Anda bisa membaca tulisan saya berikut:
4. Cost per mile (CPM)
Program CPM membayar Anda berdasarkan seribu impresi. Sebagai contoh, sebuah blog yang menghasilkan 100.000 page views per bulan menampilkan iklan dengan CPM $1, maka blog tersebut akan mendapatkan $100 per bulan (100.000/1.000 x $1). Program yang pernah saya hanya Inniti.
Namun, bila Anda memiliki blog berhasa Inggris dengan jutaan page views per bulan, Anda bisa mencoba:
5. Afiliasi
Pembayaran program afiliasi berdasarkan komisi dari produk atau jasa orang lain yang dipromosikan. Saya baru mencoba afiliasi individual (misal afiliasi hosting) dan Amazon. Sementara itu, banyak juga jejearing afiliasi yang layak dicoba, antara lain:
Sekadar informasi, afiliasi adalah salah satu program penghasil dolar yang menjanjikan. Pat Flyn adalah salah satu contoh blogger sukses di bidang ini (ia menghasilkan lebih dari $10,000 per bulan).
6. Text link ads
Text link ads adalah iklan link yang muncul di tulisan atau sidebar. Harga iklannya bervariasi, bergantung kepada brokernya. Berdasarkan pengalaman saya, harganya berkisar antara $4-8 per bulan. Broker text link ads yang saya ikuti adalah:
7. Paid download
Paid download adalah program yang akan membayar Anda jika file yang Anda simpan di situs penyimpanan gratis di-download orang lain. File ini bisa berupa pdf, gambar, software, dan lain-lain. Uang yang akan Anda dapatkan bervariasi, umumnya $0.001 per download. Dengan kata lain, Anda akan dapat $1 bila file Anda di-download oleh seribu orang.
Di program ini, saya hanya bermain di Ziddu. Dari 3 tahun keikutan, saya belum pernah payout.

2 Cara Mendapatkan Uang yang Akan Saya Lakukan:

Di luar ketujuh cara di atas, saya berencana menghasilkan uang dari dua cara berikut:
8. Menjual Jasa
Saya pernah punya pengalaman menjual jasa pembuatan blog. Namun, karena konsep dan strateginya tidak jelas, jasa yang saya dirikan bersama dua teman saya itu terbengkalai. Walaupun demikian, menurut saya, menjual jasa adalah strategi yang baik untuk mengumpulkan uang dari internet.
Jasa yang sedang saya buat adalah:
  • jasa pembuatan blog
  • jasa backlink
  • jasa penulisan artikel berbahasa Inggris
Saya akan mengumumkannya dalam waktu dekat ini.
9. Menjual eBook
Ebook merupakan produk informasi yang postensial sebagai generator uang. Banyak blogger yang sudah membuktikannya. Saya pun tertarik menjual produk virtual tersebut.
Saya sudah mulai menulis eBook bertopik make money blogging sejak 1 Februari lalu. Saya mulai dengan membuat brainstormingmind mapping, dan outlines. Saya menargetkan setiapoutlines selesai dalam satu minggu.

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements