Thanks for like this cinema & info

Kamis, 07 Juni 2012

7 Kebiasaan Blogger Sukses

Do you want to share?

Do you like this story?


Menjadi blogger sukses merupakan dambaan kita sebagai blogger pemula. Tak heran kita sering melakukan tips-tips ngeblog dari para blogger sukses dalam atau luar negeri. Selain tips-tips tersebut, menurut saya, kita juga bisa belajar dari kebiasaan mereka.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan para blogger tersebut dalam mencapai kesuksesannya? Sebelum mengetahui kebiasaan tersebut, ada baiknya kita diskusikan dulu kriteria (ukuran) blogger sukses. Dengan mengetahuinya, setidaknya kita akan ada di jalur yang benar dalam mewujudkan dambaan sebagi pengeblog sukses.

Kriteria Blogger Sukses

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga karangan W.J.S Poerwadarminta), sukses berarti berhasil. Berdasarkan arti tersebut, menurut saya, blogger sukses adalah blogger yang berhasil dalam membuat postingan yang berguna, meningkatkan trafik (pengunjung), melakukan preselling (pra penjualan), dan memonetisasi blognya. Keempat faktor ini umumnya dinilai dari page rank Google, ranking alexa, jumlah pembaca (pelanggan), ranking technorati, dan jumlah penghasilan per bulannya.
Bila Anda ingin tahu blog-blog papan atas yang memenuhi 4 dari 5 penilaian di atas, ada baiknya Anda membaca tulisan saya mengenai 25 blog blogging terbaik dan 25 blog SEO terbaik.

Kebiasaan Blogger Sukses

Menurut John Chow dalam ebooknya Make Money Online With John Chow dot Com, setidaknya ada 7 kebiasaan yang dilakukan para blogger sukses, yaitu:
1. Mereka mempublikasikan postingan secara konsisten
Pengertian konsisten di sini artinya memposting satu tulisan per hari, 3 tulisan per minggu, 1 tulisan per minggu, atau lebih dari satu postingan per harinya.
2. Mereka menyukai topik ngeblognya
Misalnya pengeblog yang memilih topik mobil, ia menyukai hal-hal yang terkait mobil karena hobinya, bidang yang dipelajari, atau keahliannya.
3. Mereka berinteraksi dengan pembacanya
Bentuk interaksi ini antara lain menjawab komentar, menerima kritikan, membalas email pembaca, dan mengunjungi blog pengunjungnya.
4. Mereka tidak pelit memberikan link
Artinya mereka bertukaran link dengan peblog lain yang setopik atau memberikan track back pada tulisan blogger lain yang mereka pandang berguna. Kedua hal ini dilakukan tanpa memandang page rank. John Chow sendiri mengaku melink-kan blognya yang berpage rank 6 kepada ribuan blog berpage rank 0.
5. Mereka tahu cara mencitrakan diri
Citra diri artinya tidak mengcopy paste tulisan orang lain, dan jujur.
6. Mereka menulis dengan baik
Artinya mereka menulis sesuai tata bahasa, gaya bahasa mudah dimengerti, alur penulisan tiap kalimat dan paragraf jelas, dan tidak salah ketik.
7. Mereka membaca blog lain yang diminatinya
Blog lain ini bisa berupa blog terkenal ataupun blog yang belum terkenal. Indikasi membaca ini dilakukan dengan mengunjungi langsung atau menjadi pelanggan RSS feed blog tersebut. Tujuan membaca tersebut salah satunya sebagai upaya pembelajaran yang terus menerus.
Itulah 7 kebiasaan pengeblog sukses yang layak kita tiru. Saya sendiri meniru kebiasaan-kebiasaan tersebut untuk mencapai sasaran pertama blog ini yaitu membuat postingan yang berguna. Bagaimana dengan Anda?

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisements

Advertisements